Teknologi Ramah Lingkungan

Teknologi Ramah Lingkungan

1. Pengertian Teknologi Ramah Lingkungan
Kata teknologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu technologia, techne, dan logia, yang berarti ‘studi terapan praktis dari pengetahuan dalam bidang tertentu’ atau ‘satu cara penyelesaiaan tugas dengan menggunakan proses teknik, metode, atau teknologi pengetahuan’.
Secara luas, teknologi dapat diartikan sebagai sekumpulan teknik atau pengetahuan manusia tentang cara menggabungkan sumber daya untuk memproduksi yang diinginkan, memecahkan masalah, memenuhi kebutuhan, memuaskan keinginan, serta mencakup metode teknis, keterampilan, proses, alat, dan bahan baku.
Sebelum abad ke-20, kata teknologi ditujukan untuk menjelaskan studi tentang seni atau kerajinan. memasuki abad ke-20, istilah teknologi semakin dikenal dan mulai dikaitkan dengan revolusi industri, terutama dalam bidang ilmu pengetahuan, bisnis, dan teknik.
Seorang ahli sosiologi terkenal, read baik (1937), menjelaskan bahwa teknologi antara lain mencakup  seluruh alat, mesin, peralatan, senjata, perumahan, pakaian, komunikasi, transportasi yang diproduksi dan digunakan. Sepanjang abad ke-20, penggunaan istilah teknologi mencakup beberapa hal berikut.
a. Teknologi sebagai objek, meliputi peralatan, mesin, instrumen, senjata, peralatan, perangkat fisik yang mendukung performa teknis.
b. Teknologi sebagai pengetahuan, yaitu studi untuk mengetahui dan memahami tentang apa dan bagaimana proses di balik inovasi teknologi.

c. Teknologi sebagai suatu kegiatan, yaitu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dan mencakup keahlian, metode, prosedur, atau rutinitas.

d. Teknologi sebagai sebuah proses, yaitu teknologi yang bermula dari munculnya kebutuhan atau permasalahan dan kemudian diakhiri oleh sebuah solusi (penyelesaian).

e. Teknologi sebagai sistem sosioteknik, yaitu pembuatan dan penggunaan benda-benda yang melibatkan manusia dan benda lain dalam kombinasinya.

Teknologi pada dasarnya bertujuan untuk membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. bagaimanapun, kita patut bersyukur dan mengharga teknologi yang telah mempermudah kita dalam mencukupi kebutuhan hidup. Tetapi, dengan adanya peningkatan polusi dan kerusakan lingkungan, pada akhirnya teknologi ramah lingkungan mulai dikembangkan. Teknologi ramah lingkungan dinilai dapat meningkatkan penghematan energi (sumber daya alam) dan mengurangi pencemaran lingkungan.
Teknologi ramah lingkungan (ecofriendly tecnology) atau yang dikenal sebagau teknologi berkelanjutan adalah teknologi yang bersifat ramah terhadap lingkungan atau berdampak positif terhadap lingkungan hidup.
Teknologi ramah lingkungan umumnya menggunakan cara pemanfaatan sumber energi yang dapat diperbarui (seperti sinar matahari, angin, air, dan sejenisnya) serta mengubahnya menjadi energi lain yang sedikit atau bahkan tidak menghasilkan limbah dan polusi. Kehadiran teknologi ramah lingkungan merupakan solusi dalam kaitannya dengan isu atau permasalahan lingkungan hidup. Kehadirannya mutlak dibutuhkan karena berpengaruh pada kelangsungan hidup manusia dan kelestarian lingkungan di masa depan.

                                                      
Super Power LED  Street                                     Solar Mobile                                 PhoneSolar Traffic Light Solar Television
– Gambar diatas adalah contoh berbagai produk teknologi ramah lingkungan yang dihasilkan oleh salah satu perusahaan lokal indonesia. Hal ini merupakan wujud kepedulian kita terhadap perkembangan teknologi dan keserasiannya terhadap lingkungan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s